Peran Lembaga Pendidikan Non Formal -LKP,BIMBEL

Pendidikan merupakan salah satu tolok ukur kemajuan sebuah bangsa. Maju dan berkembangnya tergantung pemerintah dan pihak non pemerintah dalam menyikapi pentinya pendidikan. Menjadi prioritas nomor berapakah pendidikan dinegeri ini. Jika pendidikan dijadikan kendaraan pribadi mencapai tujuan, tunggulah saat kehancurannya. Pendidikan seharusnya menjadi prioritas nomor satu yang harus diperjuangkan.

Pendidikan di Indonesia harus diperjuangan. Bahkan diselamatkan karena diambang kehancuran. Potret yang tampak setiap hari dimedia menunjukkan betapa bobroknya pendidikan di negeri ini. Kekerasan semakin meningkat terutama di kalangan remaja sekolah. Pemerkosaan, perudungan,pelecehan,penghinaan hingga hilangnya rasa hormat kepada orang tua dan guru. Pendidikan di negeri ini sudah berlangsung lama. Namun, tidak menuaikan hasil.

Kita coba tengok sebentar keadaan pendidikan di sekolah anak kita. Mereka dituntut di sekolah dan dirumah. Nilai harus baik dan mendapatkan rangking. Orang tua berlomba lomba mencarikan tempat kursus agar anaknya lebih dibandingkan anak lain. Anak-anak merasa tertekan sehingga berdamak buuk pada kesehatan psikisnya. Dari kecil anak terbiasa tidak jujur,menyontek,egois dan tertekan. Hal tersebut berlanjut sampai dewasa. Pendidikan tidak lagi peduli pada karakter,tetapi hanya peduli pada nilai. Kesulitan akan ditemui saat dewasa,sulit membedakan mana baik dan mana buruk, hanya memikirkan yang penting dirinya tidak memikirkan orang lain. Norma-norma kehidupan brmasyarakat juga tidak dipahami,apalagi nilai-nilai agama,jauh.

Faktor diatas adalah faktor dari sekolah dan dari sistem pendidikan yg tidak mendukung perkembngan anak. Faktor lain yang penting adalah keluarga. Keluarga merupakan tempat lahirnya anak-anak yang akan menjadi generasi penerus. Lalu, jika generasi penerus dididik dengan cara yang salah,tentunya mereka bukanlah generasi yang diharapkan. Orang rua sebagai pendidik harus merubah persepsi terhadap anak. Pentingnya pendidikan anakk dari keluarga harus diprioritaskan. Para orang tua harus belajar bagaimana menjadi orang tua. Akhirnya, outputnpendiikan dirumah juga dipengaruhi tingkat pendidikan orang tua.

Banyak orang tua yang menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya ke sekolah. Bahkan ke bimbingan belajar. Mereka tidak mau tahu,kalau sudah dileskan pasti nilainya bagus. Orang tua tidak mengerti dan mengetahui kapasitas anak. Mereka berharap berlebihan. Padahal kemampuan anak terbatas.

Munculnya bimbingan belajar bukan untuk mengatasi permasalahan karakter anak. Bimbel muncul sebagai akibat dari sistem pendidikan kita yang mengacu pada nilai. Bimbel membantu MERINGANKAN beban belajar anak. Dengan adanya peran bimbel sebagai pendamping, anak akan merasa lebih aman. Orang tua juga dapat menanamkan pendidikan karakter jia aak sudah merasa aman. Orang tua harus pro aktif mencarikan solusi pendidikan diluar sekolah dan bimbel sebagai pemenuhan kn kebutuhan pendidikan anak. Mereka butuh dikenalkan denan alam, mereka butuh berkreasi, menunjukkan rasa ingiin tahunya. Anak butuh mengembangkan bakatnya, menggerakkan fisiknya dan bereksplorasi.

Kecerdasan anak tidk hanya sekedar kecerdasan dibidang akademik,tetapi banyak bidang lain yang perlu dikembanngkan agar kelak dewasa bisa menjadi generasi penerus bangsa.

Orang tua juga harus mengenali bakat anaknya sehingga tidak salah jalur. Ketika anak tumbuh sesuai dengan bakat dan minatnya maka merekalah yang nanti layak disebut generasi penerus. Pendidikan teladan dari orang tua menjadi pegangan mereka. Generasi penerus bangsa yang diharapkan adalah mereka yang berkarakter/berakhlak mulia, namun juga cerdas.

Kami sedang berupaya memberikan pendampingan kepada anak-anak dibimbel. Pendampingan belajar sekaligus menjadi rekan curhat(pendampingan jiwa). Anak-anak akan merasa nyaman dan terbuka menyampaikan masalahnya. Kami juga berupaya membantu mengenali bakat anak sejak dini sehingga tidak salah jalur.

Cobalah bapak/ibu berkunjung ke tempat kami di kantor pusat. Alamatnya di Jl IR PHM NOOR RT 10 NO 24 SULINGAN. Depan MAN 1 TANJUNG ada depot sama-sama masuk sekitar 30 meter. Atau hubungi saya 081 392 552 459-yudi (pimpinan sekaligus owner).

0 Response to "Peran Lembaga Pendidikan Non Formal -LKP,BIMBEL"

Posting Komentar