Sejumlah 126 Siswa Kelas 9 SMP N 1 Tanjung Mengikuti Simulasi UNBK 2020

Tabalong, Kalsel. Rangkaian kegiatan simulasi ujian nasional UNBK 2020 yang diselenggarakan oleh Bimbel LB3R Tabalong mencapai jumlah peserta terbanyak yang berasal dari SMP N 1 Tanjung. Sebanyak 126 siswa mengikuti acara tersebut pada hari Jumat, 21 Februari 2020 bertempat di kantor LB3R. Anak-anak mengikuti simulasi dari pukul 14.30 hingga pukul 18.00 WITA.

Melonjaknya jumlah peserta sangat dipengaruhi oleh dorongan motivasi yang diberikan oleh pihak guru di sekolah serta proses penyampaian informasi kepada siswa. Dengan jumlah peserta yang melebihi kapasitas ruangan, maka beberapa siswa harus rela duduk lesehan di teras. Namun, hal tersebut tidak mengurangi semangat anak-anak dalam mengikuti simulasi UNBK mapel IPA dan MTK hari itu.

Simulasi kali ini hanya mencangkup dua mata pelajaran, yaitu IPA dan MTK dengan jumlah soal masing-masing 40 soal pilihan ganda. (Soal dapat di download di link yg tersedia di IG @bimbel_lb3r). Soal disusun sesuai dengan kisi-kisi terbaru dengan jenis soal HOTS (High Order Thinking Skill). Soal ini dibuat oleh tim Soal bimbel LB3R yang ada di Yogjakarta sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi.

Berdasarkan analisis, nilai tertinggi yang mampu dicapai oleh siswa adalah 6.5. Nilai yang lain berada dibawah angka tersebut dengan sebaran yang cukup banyak. Dengan durasi waktu 1.5 jam per mapel, anak-anak dituntut mampu menyelesaikan 40 soal. Berdasarkan informasi dari salah satu guru yang mendampingi, anak-anak belum mampu mencapai nilai secara maksimal karena beberapa materi belum mereka dapatkan. Sebagai contoh, untuk mata pelajaran IPA, materi optik, tekanan dan gelombang yang ada dikelas 8, belum tuntas/selesai diberikan.
Kendala yang lain adalah anak-anak merasa tidak memerlukan nilai UN karena beberapa diantaranya sudah diterima di SMA/SMK tertentu.

Terlepas dari semua itu, guru mapel dapat mendapatkan manfaat untuk mengetahui materi mana yang belum dikuasi siswa karena bimbel memberikan analisis 01 dalam jawabam siswa. Selain itu, soal juga dikirim ke sekolah sebagai bahan latihan yang dapat dibahas ulang.

Kegiatan simulasi ini menjadi penutup dari rangkaian acara Road Show Bimbel LB3R untuk level SMP di kabupaten Tabalong.
Terimakasih untuk sekolah-sekolah yang sudah berpartisipasi :
1. SMP 1 Tanjung
2. SMP 2 Tanjung
3. SMP 4 Tanjung
4. Mtsn 4 Tabalong
Semoga kerjasama ini bisa berlanjut!

0 Response to "Sejumlah 126 Siswa Kelas 9 SMP N 1 Tanjung Mengikuti Simulasi UNBK 2020"

Posting Komentar